Tips membeli Laptop atau Notebook Bekas

Tips membeli Laptop atau Notebook Bekas


Di era teknologi yang begitu cepat ini kita makin ketergantungan dengan yang namanya laptop atau notebook untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Bagi yang memiliki kantong yang cukup tebal, maka mereka dapat membeli laptop atau notebook baru. namun, bagi yang memiliki kantong pas-pasan memiliki alternatif untuk memiliki laptop atau notebook bekas. selain harganya yang murah, pembeli bisa saja mendapatkan laptop atau notebook bekas dengan kualitas yang bagus. 

Namun, bagi masyarakat awam banyak sekali merasa kecewa ketika membeli laptop bekas karena kurangnya pengalaman dan pengetahuan tentang laptop atau notebook. Berikut ini tips-tips yang dapat digunakan untuk membeli laptop bekas:


Langkah Pertama (Sebelum Membeli)


Pilih Merk dan Spesifikasi Laptop atau Notebook

Pilih merk dan spesifikasi laptop atau notebook yang diinginkan sebelum membeli. dan jangan lupa setelah melakukan pemilihan, kuasai seluk beluk tentang laptop tersebut agar dapat mengetahui detail spesifikasinya.

Cek Lama Penggunaan

Semakin lama penggunaan laptop sebanding dengan kualitas aksesoris didalamnya. Kalau bisa cari laptop bekas yang berumur tidak lebih dari 1 tahun. Karena jika sudah terlalu lama biasanya sudah ada perangkat didalamnya yang pernah rusak atau sudah harus diganti.

Cek Harga Pasaran Sebelum Membeli

Ketika sudah memutuskan laptop atau notebook bekas mana yang mau dibeli, jangan lupa cek harga pasaran dari laptop atau notebook bekas tersebut, bisa dicari di situs jual-beli online. Dan lakukan perbandingan harga untuk mendapatkan harga yang terbaik. Dan ketika dilakukan tawar menawar maka akan dengan mudah didapatkan harga yang disepakati kedua belah pihak.

Cek Track Record Penjual

Perlu diperhatikan juga setelah menemukan laptop atau notebook yang sesuai kita perlu melihat rekam jejak penjual baik penjual di online shop atau di toko apakah penjual tersebut memiliki rekam jejak dan purna jual yang bagus. jika seller memiliki rekam jejak yang bagus, maka dapat dilanjutkan ke langkah berikutnya. 


Langkah Kedua (Sebelum Bertemu Dengan Penjual)

Menentukan Lokasi Pertemuan

Menentukan lokasi pertemuan untuk melakukan COD sangat penting untuk penjual yang mandiri (tidak punya toko). Sedangkan bagi yang punya toko tinggal datangin tokonya. Usahakan lokasi pertemuan di lokasi keramaian dan dapat dijangkau dengan pusat keamanan untuk meminimalisir tindak kejahatan. 

Mengajak Teman Yang Mengerti Tentang IT

Bagi anda yang sangat awam terhadap laptop atau notebook, anda bisa mengajak teman  yang mengerti komputer atau IT, agar anda bisa memastikan semua komponen seperti hardware, spesifikasi, keadaan laptop dalam keadaan baik dan normal dengan saran teman anda.


Langkah Ketiga (Pengecekan Kondisi)


Mengecek Segel Laptop

Langkah yang sering dilupakan ketika membeli laptop seond adalah mengecek segel laptop, karena jika segel dalam keadaan rusak berarti laptop sudah pernah diservice atau dibongkar. Ketika anda memeriksa segel pada laptop yang akan dibeli berarti anda mempertimbangkan kemungkinan kerusakan yang akan terjadi dimasa mendatang.

Mengecek Garansi Kerusakan

Garansi terhadap kerusakan wajib anda tanyakan, apa laptop ini masih dapat garansi atau tidak. Karena jika laptop tersebut masih memiliki garansi, laptop tersebut aman. 

Mengecek Kondisi Fisik

Kondisi fisik memang bukan segalanya, tapi kondisi fisik dapat mencerminkan bagaimana perilaku pemiliknya dalam merawat laptop tersebut. Anda harus memperhatikan setiap sudut dan bagian dari laptop tersebut, karena jika pernah terjatuh akan terlihat ada retak ataupun goresan atau lecet-lecet. Selanjutnya kamu harus memeriksa bagian casingnya, periksa bagian port-port yang ada seperti port USB, jaringan, port audio, dan lain-lain. Apakah berfungsi dengan baik apa tidak. Lalu langkah selanjutnya periksa kondisi engsel laptop, engsel pada laptop ialah bagian yang sensitif dan rentan rusak jika si pengguna tidak hati-hati.
 

Mengecek kelengkapan Laptop

Periksalah kelengkapan laptop tersebut seperti charger, buku manual, cd-room, dus, cd driver, dan kelengkapan yang lain.

Mengecek Kondisi Baterai dan Charger

Hal ini tentu penting, karena hal ini bisa menunjang mobilitas anda. Anda harus memastikan kondisi baterai pada laptop yang akan dibeli, caranya bukan hanya dengan melihat baterainya saja saat kondisi hidup, tapi bisa dengan cara mengulur-ulur waktu ketika mencoba laptop tersebut, mengajak ngobrol penjual untuk memberikan kurun waktu pada laptopnya, disini anda bisa mengetahui  penurunan presentasi baterainya. Selanjutnya cek chargernya, lakukan pengecasan dan lihat apakah baterai terisi dengan normal apa tidak dengan charger tersebut.

Mengecek Spesifikasi Laptop

Ketika proses COD untuk transaksi pembelian laptop tersebut, kamu jangan lupa mencocokkan spesifikasi yang telah disepakati dengan spesifikasi yang ada didalam laptopnya. Caranya dengan ketik dxdiag di kotak run, atau lihat langsung di My Computer. 

Mengecek Kondisi Harddisk

Harddisk ialah komponen yang paling rentan terhadap kerusakan pada laptop second. Cara untuk memastikan harrdisk laptop dalam kondisi baik adalah dengan cara melakukan copy/paste antar folder serta partisi laptop, jika proses transfer filenya sangat lambat ini merupakan petanda harddisknya bermasalah. Cara lain ialah dengan mengaktifkan fitur S.M.A.R.T pada BIOS, atau menggunakan program third party, dengan software tersebut kamu bisa melihat kondisi harddisk dengan detail. 

Mengecek Kondisi Keyboard Dan Touchpad

Memeriksa kondisi keyboard dan touchpad juga merupakan langkah yang penting, karena aktifitas bisa sangat terhambat jika hal ini bermasalah. Lakukan test keyboard dengan cara mengetik seluruh tombol di notepad atau microsoft word.  juga harus dipastikan touchpad dalam kondisi baik, karena komponen ini sangat sulit untuk mencari penggantinya.

Mengecek Kondisi Layar Laptop

Kondisi layar bisa menipu pembeli, kadang pembeli tidak jeli memeriksanya, cara untuk memastikan kondisi layar pada laptop tersebut baik apa tidak adalah dengan cara berikut ini :
  1. Ganti Colour pada background dekstop menjadi hitam dan putih, hal ini berguna agar kita dapat mengetahui apa ada dead pixel (cacat di layar laptop).
  2. Cek kondisi kabel flexible, caranya dengan melakukan tutup-buka layar laptop dalam keadaan laptop hidup, kamu harus memperhatikan apakah ada kedipan atau goyangan pada layar LCD tersebut.

Mengecek Kondisi Hardware Lain

Nah langkah terakhir yang harus dilakukan ialah pastikan kondisi hardware yang lain seperti Optical Drive, Webcam, Wi-Fi, Bluetooth, Fan, serta komponen yang lainnya dapat berfungsi dengan baik. Lakukan pengecekan dengan menggunakan laptop langsung beberapa saat agar dapat memastikan kinerja laptop tersebut. 

Demikian tips membeli laptop atau notebook bekas semoga dengan adanya tips ini bisa membantu anda semua untuk mendapatkan laptop atau notebook bekas dengan kualitas baik dan harga terjangkau. Terima Kasih

*Bila ada pertanyaan dan saran silahkan isi komentar di bawah.


2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.