Fitur Terbaru Pada Windows 10 RTM

Windows 10 telah dirilis beberapa hari lalu. Bagi beberapa pengguna, dengan rilisnya windows 10 ini membawa angin segar bagi pengguna windows dimana pada versi sebelumnya Windows 8 dan Windows 8.1 dianggap sebagai produk "gagal". 

Berikut ini adalah beberapa fitur terbaru pada Windows 10 yang telah rilis:

1. Cortana

Tampilan Cortana

Cortana merupakan asisten digital pribadi yang sebelumnya eksklusif terdapat pada perangkat mobile milik Microsoft, Windows Phone. Namun kini, para pengguna PC dan tablet dapat menggunakan fitur ini langsung pada taskbar sistem operasi mereka.
Selain tombol Start Menu yang kembali hadir, Anda akan mendapatkan sebuah kolom pencarian yang terintegrasi langsung dengan Cortana. Di dalamnya, Anda dapat melakukan pencarian internet menggunakan Bing, mencari file di dalam hard drive Anda, atau menyimpan janji pertemuan pada aplikasi kalender yang Anda miliki. Anda juga dapat mengirim email dan meminta Cortana agar membacakan email tersebut.


2. Start Menu

Tampilan Start Menu

Rindu akan tombol Start Menu pada Windows 7? Kabar gembira bagi Anda semua, karena Start Menu hidup kembali dengan fitur yang lebih canggih. Start Menu pada Windows 10 merupakan gabungan dari Windows 7 dan 8, dimana Start Menu baru dibagi menjadi dua bagian, yakni ikon aplikasi tradisional di sisi kiri dan lives tiles di sisi kanan. Selain itu, menu ini dilengkapi juga dengan sistem pencarian yang lebih canggih, dimana tidak hanya menampilkan pencarian aplikasi tapi juga menampilkan hasil pencarian dari website. 

 

3. Task View

Tampilan Task View

Fitur ini sebenarnya sudah diadaptasi pada Linux dan OS X, dimana pengguna bisa membuat virtual desktop. Misalnya pada virtual desktop pertama terdapat kumpulan aplikasi untuk bekerja dan di virtual desktop kedua terdapat aplikasi untuk hiburan. Sehingga dengan fitur ini berganti aplikasi menjadi lebih mudah dan pengguna menjadi lebih produktif.


4. Microsoft Edge

Tampilan Microsoft Edge

Internet Explorer sudah menemani Windows sejak pertama kali sistem operasi ini muncul. Namun kini, nampaknya Microsoft memutuskan untuk membuang browser tersebut dan membuat sebuah proyek baru yang dirancang dari nol. Kemungkinan besar hal ini dikarenakan brand Internet Explorer yang sudah buruk di mata para netizen.
Browser ini memiliki tampilan yang bersih, serupa dengan browser dari Google, Chrome. Nantinya, Anda dapat masuk ke dalam mode note-taking yang memungkinkan anotasi pada webpage yang sedang Anda kunjungi. Spartan juga dapat bertindak sebagai sebuah aplikasi reader, karena browser ini akan langsung terintegrasi dengan fitur Reading Mode yang sudah ada sejak Windows 8. Dengan mode ini, meskipun Anda sedang tidak tersambung ke internet, Anda dapat tetap membaca konten sebuah website.

5. Xbox Live

Tampilan Xbox Live


Windows 10 memasukkan sebuah aplikasi yang akan memberi Anda fitur-fitur yang ada di dalam Xbox One. Dengannya, Anda dapat mengirim dan membalas pesan melalui Xbox Live, dan melihat informasi-informasi Xbox lainnya.
Selain itu, Anda dapat melakukan stream game yang dimiliki di dalam Xbox langsung pada layar PC yang Anda miliki. Untuk dapat melakukan hal ini, Xbox dan PC yang Anda miliki harus berada dalam satu jaringan yang sama.


6. Notification Center

Tampilan Notification Center


Anda menyukai fitur pusat notifikasi yang biasa terdapat pada perangkat mobile? Anda akan menyukai fitur Notification Center dari Windows 10 ini. Dengan melakukan swipe dari sisi kanan layar (pada perangkat touchscreen), Anda akan masuk ke dalam sebuah hub yang berisi semua notifikasi Anda. Fitur ini serupa dengan fitur Notification Center yang terdapat pada sistem operasi OS X dari Apple.
Di dalam Notification Center ini juga, Anda dapat mengakses beberapa pengaturan seperti menyalakan dan mematikan wifi, atau lain sebagainya. Jika Anda terbiasa menggunakan Android dan menikmati fitur Quick Settings yang ada di dalam bar notifikasi, Anda akan menyukai fitur ini.

7. Snap Assistant
Tampilan Snap Assistant

Jika Anda menggunakan Windows 8 mungkin tidak asing lagi dengan fitur Snap. Pada Windows 10, fitur ini ditingkatkan lagi dengan snap assistant. Jadi saat membuka banyak aplikasi dan Anda men-snap salah satu aplikasi, snap assistant akan membantu pengguna untuk memilih aplikasi terbaik lain untuk di-snap.


8. Multiple Desktop

Tampilan Multiple Desktop


Multiple desktop adalah salah satu fitur unggulan dari Windows 10 yang disebut dengan Task View. Secara umum tak jauh berbeda dengan vitual desktop di Mac OS X atau Linux. Pengguna dapat beralih dari desktop satu ke desktop lainnya dengan menekan CTRL + V secara bersamaan

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.